About Me

Mas Agung

Saya adalah seorang blogger pemula jadi maklumi jika masih ada kekurangan....Read More

Media Tanam Dan Teknik Hidroponik




Media Tanam Dan Teknik Hidroponik

 

PEMAHAMAN DASAR
Klasifikasi hidroponik berdasarkan media, yaitu :
1. Kultur air : NFT (Nutrient Film Technique), Water Culture (Kultur air /Rakit apung).
2. Kultur agregat : pasir, rockwool, arang sekam, kerikil, batu apung dll. Drips System (Irigasi tetes), Wick System (Sistem sumbu), Ebb and Flow (Pasang surut), dan Verticulture (Vertikultur).
3. Medium gas : Aeroponic (Aeroponik).

     Berdasarkan penggunaan media atau substrat, hidroponik dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu:
(1) Substrate System dan
(2) Bare Root System.

1. Substrate System
Substrate system atau sistem substrat adalah sistem hidroponik yang menggunakan media tanam untuk membantu pertumbuhan tanaman. Sistem hidroponik ini meliputi: sand culture atau sandponics, gravel culture, rockwool, dan bag culture.
a. Sand Culture
Sand Culture juga disebut sandponics adalah budidaya tanaman dalam media pasir. Budidaya hidroponik dengan cara ini dapat misalnya berupa:
  • menggunakan bedengan pasir yang dipasang pipa irigasi tetes
  • membangun sistem drainase di lantai rumah kaca kemudian ditutup dengan pasir yang nantinya menjadi media tanam yang permanen, selanjutnya tanaman ditanam langsung di pasir tanpa menggunakan wadah dan secara individual diberi irigasi tetes.
Media Hidroponik - Sand (Pasir)
b. Gravel Culture
        Gravel Culture adalah budidaya tanaman secara hidroponik menggunakan gravel sebagai media pendukung sistem perakaran tanaman. Budidaya dengan cara ini misalnya menggunakan kolam memanjang sebagai bedengan yang diisi dengan batu gravel yang secara periodik diisi dengan larutan hara yang dapat digunakan kembali atau menggunakan irigasi tetes.  Tanaman ditanam di atas gravel dan akan mendapatkan unsur hara atau nutrisi dari larutan hara yang diberikan.
Media Tanam Hidroponik Dan Sistem Penanamannya
c. Rockwool
       Rockwool berasal dari batu basalt yang bersifat Inert yang dipanaskan sampai mencair  kemudian cairan tersebut dispin (diputar) sehingga menjadi benang-benang yang kemudian dipadatkan seperti kain wool yang terbuat dari rock. Rockwool banyak dimanfaatkan untuk produksi bibit tanaman sayuran dan dan tanaman hias.

Media Tanam Hidroponik Dan Sistem Penanamannya
Hidroponik – Memotong Rockwool
d. Bag Culture
      Bag culture adalah budidaya tanaman tanpa tanah menggunakan kantong plastik (polybag) yang diisi dengan media tanam seperti serbuk gergaji, kulit kayu, vermikulit, perlit, arang sekam,dll. Biasanya digunakan irigasi tetes dalam sistem ini.

2. Bare Root System
      Bare Root System atau sistem akar telanjang adalah sistem hidroponik yang tidak menggunakan media tanam untuk membantu pertumbuhan tanaman, meskipun rockwool biasanya dipakai diawal pertanaman.  Sitem ini meliputi Deep Flowing System,  Teknologi Hidroponik Sistem Terapung (THST), aeroponics, Nutrient Film Technics (NFT), dan Mixed System.
a. Deep Flowing System
     Deep Flowing System adalah sistem hidroponik tanpa media yang menggunakan tempat berupa kolam atau kontainer yang panjang dan dangkal yang diisi dengan larutan hara (nutrisi) dan diberi aerasi.  Pada sistem ini tanaman ditanam diatas panel tray (flat tray) yang terbuat dari bahan yang dapat mengapung (misalnya styrofoam) di atas kolam.  Pada Deep Flowing System perakaran tumbuh dan berkembang di dalam larutan hara.
Media Tanam Hidroponik Dan Sistem Penanamannya
b. Teknologi Hidroponik Sistem Terapung (THST)
      Teknologi Hidroponik Sistem Terapung adalah hasil modifikasi dari Deep Flowing System yang dikembangkan di Bagian Produksi Tanaman, Departemen Agronomi dan Hortikultura, Institut Pertanian Bogor.  Perbedaan utama dari Deep Flowing System adalah dalam THST tidak digunakan aerator sehingga teknologi ini reltif lebih effisien dalam penggunaan energi listrik.

c. Aeroponics
     Aeroponics adalah sistem hidroponik tanpa media tanam yang menggunakan kabut larutan hara (nutrisi) yang kaya oksigen yang disemprotkan pada zona perakaran tanaman. Perakaran tanaman diletakkan menggantung di udara dalam kondisi gelap dan secara periodik disemprotkan larutan hara (nutrisi) pada daerah perakaran tersebut. Tent saja, sistem ini membutuhkan ketergantungan terhadap ketersediaan energi listrik yang lebih besar.
Media Tanam Hidroponik Dan Sistem Penanamannya
d. Nutrient Film Technique (NFT)
        Nutrient Film Technique adalah sistem hidroponik tanpa media tanam di mana tanaman ditanam dalam sikrulasi larutan hara tipis pada talang-talang yang memanjang.  Persemaian biasanya dilakukan pada  blok rockwool yang dibungkus plastik. Sirkulasi larutan hara diperlukan dalam teknologi ini dalam periode waktu tertentu karena dapat memisahkan komponen lingkungan perakaran yang aqueous dan gaseous  yang dapat meningkatkan serapan hara tanaman.
Media Tanam Hidroponik Dan Sistem Penanamannya
e. Mixed System
      Ein-Gedi System disebut juga Mixed System adalan teknologi hidroponik yang menggabungkan aeroponics dan deep flow technique. Bagian atas perakaran tanaman terbenam pada kabut hara yang disemprotkan, sedangkan bagian bawah perakaran terendam dalam larutan hara (nutrisi). Sistem ini lebih aman daripada aeroponics karena bila terjadi listrik padam tanaman masih bisa mendapatkan hara dari larutan hara di bawah area kabut.

Sumber:
Materi yang ditulis di bawah ini diambil dari Bahan Ajar Mata Kuliah Dasar-dasar Hortikultura Sistem Hidroponik Modul V oleh Dr. Ir. Anas D. Susila, M.Si. Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor 3/6/2013 dengan beberapa perubahan tanpa mengurangi isi materi.

Sumber gambar: Types of Hydroponics
Systems http://www.stechfarm.com/hydroponic/types-hydroponics-systems/
SHARE

Petanidota

Semoga Bermanfaat dan terus berusahan membuat hal yang sederhana menjadi istimewa.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut

Translate