About Me

Mas Agung

Saya adalah seorang blogger pemula jadi maklumi jika masih ada kekurangan....Read More

Sayangi Jantung dengan 12 Tips Super Istimewa

Sayangi Jantung dengan 12 Tips Super Istimewa

Sayangi Jantung dengan 12 Tips Super Istimewa


Selamat malam teman-teman, kali iini petani dota akan memberikan tips sehat untuk jantung anda mudah di lakukan dan sangat efektif untuk menjaga kesehatan jantung anda.

Kesehatan Jantung harus selalu kita jaga, karena jantung adalah salah satu organ vital manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah.
Organ kecil berukuran sebesar kepalan tangan ini terletak di dalam rongga toraks, di balik tulang dada. Struktur jantung berbelok ke bawah dan sedikit ke arah kiri. Selain itu, jantung memiliki letak yang sangat strategis, untuk itu berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
Meskipun berukuran kecil, tetapi jantung memiliki fungsi dan peran luar biasa. Untuk itu, Anda harus turut merawat dan menjaga kesehatan jantung. Banyak orang yang memiliki masalah dengan jantung baik mereka yang memiliki riwayat sakit jantung sejak lahir ataupun yang baru saja divonis sakit jantung.
Bagi Anda yang memiliki jantung sempurna, yakni jantung yang berada dalam kondisi baik, beruntunglah Anda. Ada baiknya dari sekarang harus menjaganya demi kelangsungan hidup yang lebih baik dan demi keluarga yang menyayangi serta menginginkan Anda hidup lama sampai tua dan bahagia.
Berikut tips menjaga kesehatan jantung yang dapat dilakukan secara mudah asalkan rutin. Kuncinya ada pada gaya hidup sehat. Tips berikut adalah menjaga kesehatan jantung dari beberapa kegiatan fisik yang sederhana, tetapi mampu membuat jantung sehat.



Tips Menjaga Kesehatan Jantung 1: Bernapas

Sayangi Jantung dengan 12 Tips Super Istimewa


Tips menjaga kesehatan jantung yang pertama adalah bernapas. Mengapa bernapas? Karena jantung dekat dengan paru-paru sehingga perlahan-lahan dalam bernapas akan mengurangi beban kerja jantung, membuat jantung lebih kuat dan bekerja lebih efisien, mendapat cukup oksigen, mencegah hipertensi, dan membuat jantung lebih awet.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung 2: Lakukan Relaksasi

Sayangi Jantung dengan 12 Tips Super Istimewa


Relaksasi adalah aktivitas menenangkan diri. Bila melakukan relaksasi secara rutin setiap hari dapat menurunkan tekanan darah dan hormon stres yang bisa mendatangkan malapetaka pada jantung dan sistem kardiovaskular.
Cara melakukan relaksasi yaitu berhentilah sejenak dan ambil napas panjang beberapa kali, atau meregangkan badan dan biarkan tubuh Anda rileks. Selain itu, Anda juga dapat melakukan sesi meditasi atau yoga juga akan memberi manfaat baik bagi jantung.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung 3: Tidur Malam Berkualitas

Sayangi Jantung dengan 12 Tips Super Istimewa


Bagi Anda yang rajin begadang, apakah pernah merasakan jantung berdetak lebih cepat dari biasanya? Jika ya, itu adalah alarm dari jantung Anda untuk beristirahat secara cukup. Ingat, jantung Anda juga punya hak untuk dirawat salahsatunya dengan meringankan beban kerjanya di malam hari.
Kebiasaan tidur awal sangat baik bagi jantung. Penelitian di Misao Health Clinic (Gifu, Jepang) menunjukkan bahwa mereka yang terbiasa tidur setelah lewat tengah malam ternyata mengalami pengerasan pembuluh darah. Pengerasan pembuluh darah ini merupakan gejala awal gangguan jantung. Tidur adalah saat dimana tubuh memulihkan dirinya sendiri. Jika sulit tidur, cobalah lakukan latihan pernapasan sesaat sebelum mematikan lampu.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung 4: Sering Jalan Kaki

Sayangi Jantung dengan 12 Tips Super Istimewa


Jalan kaki adalah aktivitas sederhana dan tidak banyak mengeluarkan biaya, cukup mengandalkan kaki yang sehat. Berjalan kaki membuat tubuh bergerak, melancarkan aliran darah, serta memasukkan udara segar ke dalam paru-paru. Berjalan cepat sejauh tiga km setiap hari dapat membantu mengendalikan berat badan, menguatkan jantung, dan meningkatkan kelancaran sirkulasi darah.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung 5:Berhenti Merokok



Rokok adalah gudangnya racun yang tidak baik buat kesehatan, apalagi kesehatan jantung. Nikotin, salah satu racun dalam rokok, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dalam tubuh. yakni mengurangi kadar oksigen dalam jantung, meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung, meningkatkan risiko penggumpalan darah, serta merusak dinding pembuluh darah jantung.
Karbon dioksida di dalam asap rokok juga akan mengambil alih sebagian porsi oksigen dalam darah. Akibatnya, tekanan darah naik karena jantung harus memompa lebih keras untuk mendapatkan suplai oksigen yang cukup.
Berhentilah merokok sebelum semua terlambat, berhentilah merokok jika Anda sayang keluarga Anda. Jika tidak bisa langsung berhenti, maka kurangi jumlahnya. Setiap jumlah yang berkurang dalam merokok bisa membantu jantung tetap sehat. Selain itu, butuh kemauan sekuat baja untuk berhenti merokok apalagi bagi Anda yang sudah candu berat dengan rokok.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung 6: Rutin Olahraga

Sayangi Jantung dengan 12 Tips Super Istimewa


Ingin jantung sehat maka berolahraha. Sesibuk apapun Anda lakukan aktivitas olahraga minimal 30 menit setiap hari, seminggu tiga kali. Olahraga yang dapat Anda lakukan adalah olahraga kardiovaskular, dimana olahraga ini mampu meningkatkan penapasan dan denyut jantung supaya jantung lebih kuat. Alternatif olahraga yang menyehatkan jantung adalah bersepeda, berenang, dan lari.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung 7: Berhenti Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

Sayangi Jantung dengan 12 Tips Super Istimewa


Makanan cepat saji mengandung banyak lemak jenuh, garam, gula, bahan pengawet, dan penguat rasa. Hampir semua makanan cepat saji tidak hanya merusak kesehatan jantung, melainkan juga bisa menimbulkan penyakit kronis dan obesitas. Dua kali seminggu saja Anda mengonsumsi makanan cepat saji atau fast food sudah bisa meningkatkan risiko terkena diabetes dan penyakit jantung. Dalam hal ini, perempuan lebih rentan terhadap bahaya ini daripada laki-laki
Beralihlah ke makanan yang sehat lagi menyehatkan, seperti memasak sendiri makanan Anda dari bahan olahan yang berkualitas seperti ikan serta sayur-sayuran segar, bumbu yang digunakan hendaknya yang alami, hindari bumbu masakan instan.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung 8: Senyum

Sayangi Jantung dengan 12 Tips Super Istimewa


Tips yang paling mudah dilakukan untuk jantung sehat adalah senyum. Senyum dan tawa akan memperlancar sirkulasi darah, mengurangi beban pembuluh darah, dan mengurangi penyakit jantung.
Demikianlah rekomendasi aktivitas yang dapat menyehatkan jantung. Tips menjaga kesehatan jantung berikut ini adalah rekomendasi makanan dan minuman sehat yang membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung 9: Konsumsi Buah dan Sayuran

Sayangi Jantung dengan 12 Tips Super Istimewa


Berbahagialah Anda yang suka makan buah pisang karena pisang membantu menurunkan darah tinggi dan menjaga otot jantung, buah yang mengandung vitamin C, seperti melon dan papaya juga baik untuk kesehatan jantung.
Banyak orang yang tidak menyukai konsumsi sayuran, padahal konsumsi sayuran sangat baik untuk kesehatan jantung misalnya sayur bayam dan tomat yang berfungsi baik untuk kesehatan pembuluh darah arteri, ada juga brokoli berfungsi sebagai zat pelindung jantung.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung 10: Konsumsi Air Putih

Sayangi Jantung dengan 12 Tips Super Istimewa


Memperbanyak minum air putih lebih dari lima gelas sehari akan dapat membantu memperlancar kinerja jantung dan darah lebih kental.
Sebuah hasil studi yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology menyebutkan risiko serangan jantung pada responden yang minum lebih dari 5 gelas perhari berkurang sampai 41 persen. Sementara pada pria risiko yang mengonsumsi minuman lain termasuk minum teh, kopi, jus,susu dan alkohol tetap berisiko tinggi terkena serangan jantung.
Air yang diminum akan diserap masuk ke dalam aliran darah. Hal ini bisa menurunkan ketebalan pembuluh darah, jadi risiko terkena serangan jantung yang dipicu bekuan darah pun akan berkurang.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung 11: Minumlah Teh Tanpa Gula

Sayangi Jantung dengan 12 Tips Super Istimewa


Siapa yang tidak mengenai minuman dari daun teh yang diseduh dengan air hangat. Siapa sangka daun the berkhasiat buat kesehatan, terutama kesehatan jantung. Sebenarnya Hampir semua jenis teh ternyata berperan besar terhadap kesehatan peminumnya. Hal ini karena teh mengandung senyawa antioksidan seperti polifenol, flavonoid, L-theanin.
Peter CH Hollman, peneliti dari Waginingen University, Belanda, senyawa antioksidan dalam teh berguna sebagai zat antikanker, menekan hormon stres, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah yang akan mencegah penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.
Hindari minuman bersoda dan beralkohol, sebaiknya beralih ke minuman yang menyehatkan.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung 12: Konsumsi Kacang-kacangan Sehat

Sayangi Jantung dengan 12 Tips Super Istimewa


Anda penyuka cemilan? Sekarang Anda harus memperhatikan apa yang Anda makan. Gantilah cemilan Anda dengan memakan kacang-kacangan yang alami dan menyehatkan.
Kacang almond, walnut, dan kacang-kacangan lainnya telah terbukti dapat menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam aliran darah. Kacang-kacangan mengandung kalori yang tinggi. Untuk itu, jangan berlebihan dalam mengonsumsinya. Cukup mengonsumsi sedikit kacang dalam sehari dapat membantu melindungi jantung dengan lemak yang sehat.
SHARE

Petanidota

Semoga Bermanfaat dan terus berusahan membuat hal yang sederhana menjadi istimewa.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut

Translate